A A A

Obat Pereda Nyeri Tidak Mencegah Dementia

Berlawanan dengan penemuan sebelumnya, pereda nyeri seperti ibuprofen atau naproxen tidak mencegah dementia, namun hanya menundanya.

Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa obat-obat antiinflamasi non steroid (NSAID) tersebut, termasuk juga aspirin, dapat melindungi seseorang dari dementia. Akan tetapi sebuah penelitian lain, yang dilakukan oleh para peneliti di University of Washington bekerjasama dengan US Department of Veterans Affairs menemukan bahwa risiko terjadinya dementia sebenarnya lebih tinggi pada para pemakai obat-obatan pereda nyeri tersebut.

Para ilmuwan sedang berupaya untuk menemukan cara melindungi orang dari penyakit Alzheimer's, suatu penyakit yang menurunkan kemampuan memori.

Penyakit ini dikaitkan dengan inflamasi, dan para ilmuwan berasumsi bahwa obat-obatan antiinflamasi mungkin dapat menunda waktu terjadinya penyakit ini.

Diperkirakan sekitar 26 juta orang mengidap penyakit Alzheimer's, yang merupakan bentuk paling umum dementia, Penyakit ini berawal dari kehilangan memori ringan disertai dengan perasaan bingung, namun meningkat menjadi kehilangan memori secara menyeluruh dan ketidakmampuan mengurus diri sendiri.

Terkait Dementia dan Alzheimer's:

Kopi Menurunkan Risiko Terkena Dementia

Insulin Mampu Mengatasi Penyakit Alzheimer

Ginkgo Biloba Tidak Manjur Terhadap Alzheimer