A A A

Penyebab Gatal-gatal

DEFINISI
Gatal-gatal (Pruritus) adalah suatu perasaan yang secara otomatis menuntut penggarukan. Penggarukan terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit.

Penggarukan juga bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal, sehingga terjadi suatu lingkaran setan. Penggarukan dan penggosokan jangka panjang bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan penebalan kulit.

PENYEBAB
Gatal bisa disebabkan oleh suatu penyakit kulit maupun penyakit sistemik. Penyakit kulit yang bisa menyebabkan gatal-gatal hebat adalah:

  • Infestasi parasit (skabies, pedikulosis)
  • Gigitan serangga
  • Kaligata
  • Dermatitis atopik.
  • Dermatitis kontak
  • Dermatitis alergika
Kontak dengan bahan wol atau bahan iritan (misalnya pelarut atau kosmetik) juga bisa menyebabkan gatal-gatal. Kulit kering, terutama pada usia lanjut, juga menyebabkan gatal-gatal hebat yang meluas.

Penyakit sistemik yang dapat menyebabkan gatal-gatal adalah:
  • Penyakit hati (terutama sakit kuning)
  • Gagal ginjal
  • Limfoma
  • Leukemia
  • Penyakit darah lainnya.
Kadang penderita penyakit tiroid, diabetes atau kanker juga mengalami gatal-gatal. Gatal-gatal juga sering terjadi pada akhir masa kehamilan. Biasanya hal ini bukan merupakan suatu kelainan, tetapi bisa berasal dari gangguan hati yang ringan.

Berbagai obat-obatan dapat menyebabkan gatal, yaitu barbiturat, aspirin dan obat lainnya yang menimbulkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu.

PENGOBATAN
Penting untuk mengetahui penyebab dari gatal-gatal, karena jika penyebabnya diketahui maka bisa dilakukan tindakan untuk mengobati penyebabnya tersebut.

Jika kulit meradang, bisanya diberikan krim atau lotion pelembab yang tidak berbau dan berwarna. Pewarna atau aroma tambahan bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal.

Bisa juga diberikan senyawa yang mengandung mentol, kamper, kamomil, eukaliptus dan kalamin.

Krim corticosteroid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan gatal-gatal, hanya digunakan jika gatal-gatal terbatas pada suatu daerah yang kecil.

Antihistamin per-oral (misalnya hydroxizin dan diphenhydramine) bisa membantu mengurangi gatal-gatal, tetapi obat ini menyebabkan kantuk. Antihistamin biasanya tidak diberikan dalam bentuk olesan langsung ke kulit karena bisa menyebabkan reaksi alergi.

Rekomendasi Dari Kami

Obat Herbal Untuk Kanker Serviks

Obat Herbal Untuk Kanker Payudara

Obat Herbal Untuk Kanker Hati

Obat Herbal Untuk Jerawat

Obat Herbal Untuk Amandel

Obat Herbal Untuk Ambeien

Obat Herbal Untuk Darah Tinggi

Obat Herbal Untuk Diabetes

Obat Herbal Untuk Ejakulasi Dini

Obat Herbal Untuk Gagal Ginjal

Obat Herbal Untuk Hepatitis A, B, C

Obat Herbal Untuk Hipertensi

Obat Herbal Untuk Impotensi

Obat Herbal Untuk Insomnia

Obat Herbal Untuk Jantung Koroner

Obat Herbal Untuk Kencing Manis

Obat Herbal Untuk Kista

Obat Herbal Untuk Maag

Obat Herbal Untuk Rematik

Obat Herbal Untuk Sinusitis

Obat Herbal Untuk Stroke

Obat Herbal Untuk Vertigo

Obat Herbal Untuk Torch