A A A

Penyebab Nyeri Pada Jantung Kaki

DEFINISI
Nyeri Pada Jantung Kaki disebabkan oleh kerusakan pada saraf diantara jari-jari kaki atau kerusakan pada sendi antara jari kaki dan kaki.


Kerusakan Saraf.

Saraf yang menuju ke dasar kaki dan jari kaki berjalan diantara tulang jari-jari kaki. Nyeri di jantung kaki bisa disebabkan oleh pertumbuhan jinak pada jaringan saraf (neuroma), yang biasanya tumbuh diantara pangkal jari ketiga dan keempat (neuroma Morton), meskipun bisa tumbuh diantara jari kaki yang lainnya. Neuroma biasanya hanya terjadi pada satu kaki dan lebih sering ditemukan pada wanita.

Pada stadium awal, neuroma hanya menyebabkan sakit yang ringan di sekitar jari keempat, kadang disertai dengan perasaan terbakar (panas). Gejala ini biasanya lebih jelas dirasakan jika penderita memakai sepatu jenis tertentu. Sejalan dengan berkembangnya penyakit, perasaan terbakar yang menetap bisa menjalar ke ujung jari kaki, terlepas dari jenis sepatu yang dipakai penderita. Penderita juga bisa merasakan seolah-olah di dalam jantung kakinya terdapat kelereng atau batu koral.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan riwayat penyakit dan hasil pemeriksaan fisik. Rontgen, MRI maupun USG tidak dapat secara pasti mengenali penyakit ini.

Untuk mengurangi gejala, biasanya disuntikkan campuran kortikosteroid dan obat bius lokal dan penderita dianjurkan untuk memakai alas di dalam sepatunya. Penyuntikan bisa diulang sebanyak 2-3 kali dengan selang waktu 1-2 minggu. Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, maka dilakukan pembedahan untuk mengangkat neuroma. Tindakan pembedahan akan mengurangi rasa tidak nyaman di kaki, tetapi bisa menyebabkan mati rasa yang menetap di daerah tersebut.


Nyeri Pada Sendi Jari Kaki.

Nyeri yang melibatkan keempat jari kecil kaki sering terjadi, dan biasanya disebabkan oleh penyusunan sendi yang tidak tepat. Kesalahan penyusunan sendi ini bisa merupakan akibat dari lengkung kaki yang tinggi atau rendah, yang menyebabkan jari kaki berada dalam posisi menekuk (hammer toes). Gesekan terus menerus terhadap jari kaki yang menekuk ini menyebabkan kulit diatas sendi menebal dan membentuk kapalan.

Pengobatan ditujukan untuk mengurangi tekanan, yaitu dengan memperdalam sepatu, memasang bantalan di sepatu, memperkuat jari kaki melalui pembedahan dan mengangkat kapalan.

Artritis kronis (osteoartritis) pada ibu jari kaki sangat sering terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai posisi berisiri dan berjalan, termasuk kecenderungan untuk melipat kaki ke dalam ketika berjalan (pronasi). Kadang cedera pada ibu jari kaki juga bisa menyebabkan artritis yang disertai nyeri.

Nyeri sendi pada ibu jari kaki biasanya akan bertambah parah jika penderita memakai sepatu. Daerah yang terkena tidak teraba hangat. Tujuan utama dari pengobatan adalah memperbaiki pergerakan kaki yang tidak tepat dan mengurangi tekanan pada sendi yang terkena, dengan jalan memasang alat tertentu di dalam sepatu.

Nyeri pada ibu jari kaki yang baru saja dirasakan, bisa dikurangi dengan penarikan jari kaki dan latihan-latihan yang menggerakkan dan meregangkan persendian. Suntikan obat bius lokal bisa mengurangi nyeri dan kejang otot sehingga sendi lebih mudah digerakkan. Untuk mengurangi peradangan bisa diberikan suntikan kortikosteroid. Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, mungkin perlu dilakukan pembedahan untuk mengurangi nyeri.

Rekomendasi Dari Kami

Obat Herbal Untuk Kanker Serviks

Obat Herbal Untuk Kanker Payudara

Obat Herbal Untuk Kanker Hati

Obat Herbal Untuk Jerawat

Obat Herbal Untuk Amandel

Obat Herbal Untuk Ambeien

Obat Herbal Untuk Darah Tinggi

Obat Herbal Untuk Diabetes

Obat Herbal Untuk Ejakulasi Dini

Obat Herbal Untuk Gagal Ginjal

Obat Herbal Untuk Hepatitis A, B, C

Obat Herbal Untuk Hipertensi

Obat Herbal Untuk Impotensi

Obat Herbal Untuk Insomnia

Obat Herbal Untuk Jantung Koroner

Obat Herbal Untuk Kencing Manis

Obat Herbal Untuk Kista

Obat Herbal Untuk Maag

Obat Herbal Untuk Rematik

Obat Herbal Untuk Sinusitis

Obat Herbal Untuk Stroke

Obat Herbal Untuk Vertigo

Obat Herbal Untuk Torch