A A A

Terapi Kombinasi Penyembuh Anxiety (Cemas) Pada Anak

Suatu penelitian yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine menemukan bahwa gabungan antara terapi kognitif dengan terapi obat ternyata menghasilkan efek penyembuhan terhadap anxiety (rasa cemas) yang lebih baik bila dibandingkan dengan kondisi terapi menggunakan obat saja atau kognitif saja.

Pada penelitian ini, para peneliti merekrut anak-anak berusia antara 7-17 tahun yang mengalami anxiety (rasa cemas) akibat berpisah dengan orang tua, kondisi sosial, dan masalah lainnya. Kemudian mereka membagi peserta percobaan ini menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama mendapatkan terapi Zoloft (suatu merk obat antidepresan), kelompok kedua diberi terapi kognitif, kelompok ketiga mendapatkan kombinasi keduanya (obat dan kognitif), dan kelompok keempat menerima obat plasebo (dibuat tanpa zat aktif) dengan pengawasan ahli jiwa.

Setelah 12 minggu, 80% anak yang menerima terapi kombinasi pada akhirnya sembuh atau mengalami perbaikan. Kesembuhan juga dirasakan oleh 60% anak yang mendapatkan terapi kognitif, 55% anak yang hanya menerima Zoloft, dan kurang dari 25% anak yang menerima obat plasebo.